Monday, May 25, 2009

Sirih

J Piper betle daun
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(unranked): Angiospermae
(unranked): Magnoliidae
Order: Piperales
Keluarga: Piperaceae
Genus: Piper
Spesies: P. betle

Suku dua nama
Piper betle
L.


The sirih (Piper betle) adalah daun dari pohon anggur milik ke Piperaceae keluarga, termasuk lada dan Kava. Hal ini dinilai baik sebagai pendorong dan ringan untuk obat properti.

Yang merupakan tanaman sirih evergreen dan abadi menjalar, dengan hati-glossy berbentuk daun dan putih catkin. Sirih tanaman yang berasal dari Selatan (India dan Sri Lanka) dan Asia Tenggara. Isi [hide] [hide]
1 nama asli
2 Budidaya
3 Compounds
4 Chewing
5 Obat properti
6 Lebih lanjut membaca
7 Referensi
8 Pranala luar


[Sunting]
Nama asli

Daun sirih yang dikenal sebagai paan di Urdu / Hindi, dan Taambuul dan Nagavalli dalam sanskrit. Beberapa nama-nama di daerah dimana dikonsumsi adalah: Vetrilai tamil, Tamalapaku telugu, Vidyache pan marathi, veeleya / vilya kannada, Vettila Malayalam, Plū Senin, malus tetum, Maluu khmer, Plue Thai, malus tetum, Bulath Sinhalese, malu Tokodede, Bileiy Divehi, bulung samat Kapampangan bahasa, daun sirih bahasa Melayu, Papulu Chamorro Trầu dan Vietnam.

[Sunting]
Budidaya

J vine sirih

Adalah daun sirih yang diolah di kebanyakan Selatan dan Asia Tenggara. Sejak itu menjalar, diperlukan pohon yang kompatibel atau tiang yang panjang untuk suppport.

Paan budidaya adalah tipe khusus pertanian. Tanah tinggi dan tanah subur terutama yang terbaik untuk sirih. Air, garam dan alkali tanah yang tidak cocok untuk budidaya. Petani disebut barui [1] mempersiapkan sebuah taman yang disebut barouj yang tumbuh sirih. Yang berpagar barouj adalah dengan bambu dan batang daun kelapa, dan di atas itu juga dibahas oleh daun padi. Tanah yang digali dengan baik dan diletakkan ke dalam furrows panjang antara 10-15 m, lebar 75 cm dan kedalaman 75 cm. Minyak kue, kotoran sapi, busuk pertanian dan pupuk daun yang benar-benar tergabung dengan tanah dari furrows kayu dan abu. Potongan kayu yg tipis yang menjalar yang ditanam setelah kuah tepat di bulan Mei dan Juni, pada awal musim monsun. Tanaman yang diatur rapi di baris paralel tentang selain dua kaki, dan saplings adalah sekitar twined tegak lurus sticks split dari bambu dan reeds.

Teduh dan irigasi yang tepat sangat penting untuk keberhasilan budidaya tanaman ini. Tanaman yang secara teratur minum panas di bulan. Daun dari tanaman menjadi siap untuk plucking setelah satu tahun tanam dan produksi yang barouj [2] selama beberapa tahun dari tanggal tanam. Sirih kebutuhan terus membasah tanah, tetapi tidak boleh berlebihan uap air. Oleh karena itu, sering cahaya irrigations diberikan. Jumlah air irigasi harus seperti air yang berdiri untuk tetap tidak boleh lebih dari setengah jam di tempat tidur. Jika logging oleh air hujan atau kelebihan berat terjadi irigasi, drainase harus diatur dengan segera. Waktu terbaik untuk irigasi adalah pagi atau sore hari.

Daun kering dan kayu ash diterapkan pada furrows di setiap dua interval dan kotoran sapi slurry adalah sprinkled. Aplikasi dari berbagai jenis daun pada interval bulanan ditemukan menguntungkan bagi perkembangan sirih.

Daun sirih dan pinang konsumsi di dunia.

Dalam waktu sekitar 3-6 bulan, vines bertumbuh ke ketinggian 150-180 cm. Pada tahap ini adalah bahwa percabangan dalam vines. Daun dibuang bersama petiole dengan ibu jari kanan. Setelah panen ini dimulai, ia terus hampir setiap hari atau minggu. Interval dari panen bervariasi dari 15 hari menjadi sekitar satu bulan berikutnya sampai penurunan vines. Setelah setiap kali panen, manuring harus dilakukan.

Ada berbagai jenis daun, sedang yang paling populer: Calcutta, Banarasi, magahi, Asia Selatan dan lain-lain Dinajpur, Rangpur, Chittagong, Faridpur, Jessore, Narayanganj, Barisal dan Sylhet adalah daerah produksi paling sirih. Panen daun yang digunakan baik untuk konsumsi domestik dan ekspor ke Timur Tengah, ke negara-negara Eropa, Amerika Serikat, Inggris, Pakistan, dan Myanmar. Paan merupakan salah satu sumber utama ekonomi pedesaan Bangladesh. Daun sirih yang terbaik adalah "Magadhi" berbagai (literal dari Magadha wilayah) tumbuh di dekat Patna di Bihar, India. Dalam Delhi, yang terkenal berbagai daun sirih dari Venmony dekat Chengannur dan disebut "Venmony Vettila". Daun sirih diolah dalam Tirur, Kerala juga kualitas yang bagus. Daun sirih yang diekspor dari Tirur terkenal di Pakistan sebagai "Tirur Pan".

[Sunting]
Compounds

Bahan aktif dari sirih minyak, yang diperoleh dari daun, terutama adalah sebuah kelas allylbenzene compounds. Walaupun penekanan khusus telah ditempatkan pada chavibetol (sirih-phenol; 3-hydroxy-4-methoxyallylbenzene), tetapi juga mengandung chavicol (p-allyl-phenol; 4-allyl-phenol), estragole (p-allyl-anisole; 4 -- methoxy-allylbenzene), eugenol (allylguaiacol; 4-hydroxy-3-methoxy-allylbenzene; 2-methoxy-4-allyl-phenol), methyl eugenol (eugenol methyl eter; 3,4-dimethoxy-allylbenzene), dan hydroxycatechol (2 ,4-dihydroxy-allylbenzene).

Beberapa terpenes dan terpenoids yang hadir dalam sirih minyak juga. Ada dua monoterpenes, p-cymene dan terpinene, dan dua monoterpenoids, eucalyptol dan carvacrol. Selain itu, terdapat dua sesquiterpenes, cadinene dan caryophyllene.

[Sunting]
Chewing
Artikel utama: paan

Layar item biasanya disertakan dalam sesi permen. Daun yang dilipat dalam berbagai cara sesuai dengan negara dan umumnya memiliki beberapa Kalsium hidroxid daubed dalam. Iris kering pinang sedang berada di atas tangan kiri dan iris tender pinang di bagian kanan atas. Kantong yang di kanan berisi tembakau rendah, yang relatif baru pengenalan.

J phoenix sayap berbentuk lempengan-daun sirih di Vietnam.

Ada bukti arkeologi bahwa daun sirih yang dikunyah bersama pinang sejak sangat kuno kali. Hal ini tidak diketahui, namun, bila kedua zat yang berbeda stimulants mengumpulkan untuk pertama kalinya. Di sebagian besar negara campuran keduanya memiliki upacara sangat simbolis dan nilai.

Di India, Burma, Nepal, Sri Lanka dan beberapa bagian dari Asia Selatan, serta Asia Tenggara, dengan daun yang dikunyah bersama dalam bungkus paket bersama dengan pinang (yang oleh asosiasi, inaccurately sering disebut "peminang ") dan mineral kapur mati (kalsium hidroxid). Catechu, yang disebut" Kattha "dalam bahasa Hindi, dan lain-lain bahan dan bumbu rempah-rempah mungkin tambahnya. Kapur yang berfungsi untuk menyimpan bahan aktif dalam freebase atau alkaline formulir, sehingga memungkinkan untuk memasuki aliran darah melalui sublingual penyerapan. Pinang yang berisi alkaloid arecoline, yang mempromosikan hal keluar air liur (dengan air liur yang berwarna merah), dan ini sendiri adalah sebuah perangsang. Kombinasi ini, yang dikenal sebagai "sirih susur", telah digunakan untuk beberapa ribu tahun. Tembakau yang kadang-kadang tambahnya.

Daun sirih digunakan sebagai pendorong, sebuah antiseptik dan nafas-freshener paan. Di India, yang areca sirih dan memainkan peran penting dalam budaya India, khususnya di kalangan Hindu. Banyak upacara tradisional tata kehidupan Hindu menggunakan sirih dan areca. Misalnya untuk membayar uang kepada imam, mereka menyimpan uang dalam daun sirih dan letakkan di samping imam.

The areca sirih dan juga memainkan peranan penting dalam kebudayaan Vietnam. Di Vietnam ada berkata bahwa "sirih dimulai percakapan", merujuk kepada amalan orang mengunyah sirih dalam acara-acara resmi atau "untuk mempelopori" berubah aneh dalam percakapan. Dengan daun sirih dan kacang areca digunakan ceremonially dalam pernikahan tradisional Vietnam. Berdasarkan cerita rakyat mengenai asal usul tanaman ini, pengantin laki-laki tradisional menawarkan perempuan orangtua daun sirih dan kacang areca (antara lain) dalam pertukaran untuk calon pengantin perempuan. Dengan sirih dan pinang yang memuji sebagai kombinasi yang ideal ke titik penting yang telah menjadi simbol ideal menikah beberapa terikat bersama-sama dalam kasih. Oleh karena itu di Vietnam kalimat "hal sirih dan areca" (chuyện trầu cau) ini identik dengan perkawinan.

Tingginya tingkat lisan kanker di Indonesia adalah pemikiran yang akan jatuh tempo pada mengunyah sirih dari persiapan, dan penyertaan tembakau Mei memburuk risiko, tetapi juga ada bukti bahwa pinang, sendiri atau sebagai bagian dari sirih susur, Mei. menyebabkan kanker bahkan tanpa tembakau. [3] Lihat artikel-nya untuk diskusi ini. Penambahan daun tembakau dengan campuran permen adalah salah satu yang relatif baru, selama penjajahan kali diperkenalkan hanya beberapa abad yang lalu.

Muddling di antara daun sirih dan pinang, yang dihubungi oleh nut "peminang", dibatasi ke kolonial bahasa, seperti Inggris, Perancis, Belanda dan Jerman. [Kutipan diperlukan] Ini kurangnya akurasi mungkin warisan [sitiran diperlukan] dari era kolonial yang mengunyah campuran telah dibatasi untuk "penduduk asli". [4] Dalam bahasa di tempat yang pinang dikunyah secara tradisional ada yang jelas dan terpisah istilah untuk pinang dan lain untuk daun sirih. Ini jelas perbedaan penting [kutipan diperlukan] dalam masyarakat di mana kedua-dua pinang dan daun sirih memiliki upacara suci dan bahkan nilai. Selain itu, ada kata kerja tertentu yang umum untuk kegiatan permen keduanya sama.

[Sunting]
Obat properti

Di India, sirih digunakan untuk mengusir (obat) cacing. Dan menurut tradisional Ayurvedic medicine, mengunyah pinang dan daun sirih adalah obat buruk terhadap nafas (mulut berbau). [5] Mereka juga dikatakan memiliki zat perangsang nafsu berahi properti.

Dalam Malaysia mereka digunakan untuk merawat sakit kepala, arthritis dan sakit. Di Filipina, Thailand, Indonesia dan Cina yang digunakan untuk meringankan sakit gigi. Di Filipina, khususnya mereka yang digunakan sebagai pendorong. Di Indonesia mereka diminum sebagai infusi dan digunakan sebagai antibiotik. Mereka juga digunakan dalam sebuah infusi mengobati gangguan pencernaan, sebagai hangat untuk menyembuhkan sembelit, sebagai decongestant dan sebagai bantuan untuk laktasi.

J terkait tanaman P. sarmentosum, yang digunakan dalam memasak, kadang-kadang disebut "liar daun sirih".

No comments:

Post a Comment